ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V SDN 1 GERUNG SELATAN 2021/2022

TRISNAWATI, TRISNAWATI (2023) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V SDN 1 GERUNG SELATAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_TRISNAWATI_E1E218168.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter untuk mempersiapkan siswa kelak sebagai manusia-manusia yang mempunyai identitas diri, sekaligus menuntun siswa untuk menjadi manusia berbudi pekerti. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dan kendala-kendala dalam dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada siswa kelas V SDN 1 Gerung Selatan 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 1 Gerung Selatan. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan adalah siswa, kepala sekolah, guru kelas, dan wali kelas di SDN 1 Gerung Selatan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian meyimpulkan bahwa strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada siswa kelas V SDN 1 Gerung Selatan meliputi strategi pembelajaran, pembiasaan, keteladanan, penguatan, dan kegiatan ekstrakulikuler. Kendala�kendala dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada siswa kelas V SDN 1 Gerung Selatan 2021/2022 meliputi aspek pemahaman guru, perilaku siswa, pelaksanaan pembelajaran, dan belum berkembangnya budaya sekolah yang mendukung pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Guru dan Nilai Pendidikan Karakte
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:30
Last Modified: 25 Sep 2023 07:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42761

Actions (login required)

View Item View Item