PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

RIZKI NUZULIA, CHANTIKA RIZKI (2023) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI CHIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan pemecahan masalah (KPM) fisika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasinya seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 3 Selong. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian adalah teknik purposive sampling dengan kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model Learning Cycle 7E dan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional. Pada saat sebelum dan setelah perlakuan, kedua kelas diberikan tes KPM yang berjumlah 5 soal. Hasil tes awal dan tes akhir KPM dianalisis homogenitas dan normalitasnya untuk melakukan uji hipotesis. Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap KPM fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): learning cycle 7e, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:30
Last Modified: 25 Sep 2023 07:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42762

Actions (login required)

View Item View Item