KARAKTERISTIK SINYAL SEISMIK PADA STASIUN VULKANOLOGI GUNUNG RINJANI DAN KAITANNYA DENGAN KEJADIAN GEMPA LOMBOK TAHUN 2018

FAJRIN AKBAR, MUHAMAD FAJRIN (2023) KARAKTERISTIK SINYAL SEISMIK PADA STASIUN VULKANOLOGI GUNUNG RINJANI DAN KAITANNYA DENGAN KEJADIAN GEMPA LOMBOK TAHUN 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_M.Fajrin Akbar_F1B017060 SELESAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui anomali dari sinyal seismik Gunung Rinjani serta kaitanya dengan gempa tektonik yang terjadi di Pulau Lombok pada tahun 2018. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Short Time Fourier Transform (STFT) untuk menganalisis dan mengubah sinyal dari domain waktu ke tampilan domain waktu frekuensi. Data penelitian di peroleh dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Gunung Rinjani. Berdasarkan hasil Short Time Fourier Transform (STFT) Pada Bulan Januari – Juni 2018 terjadi gempa dengan kekuatan ≤ 6.0 SR dengan intensitas rendah ada spektogram berwarna hijau kuning . Saat memasuki bulan juli intensitas pada spektogram mengalami kenaikan yang cukup pesat yang ditandai dengan adanya warna merah pekat pada spektogram. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya gempa tektonik dengan kekuatan 6.4 SR. Saat terjadi Gempa Tektonik dengan kekuatan M ≥ 6.0 SR (bulan Agustus 2018), terjadi beberapa rentetan gempa susulan dengan prekursor tidak begitu jelas karena hampir semua spektogram warnanya sama, berwarna orange-merah untuk 1 bulan pertama (bulan September 2018), turun menjadi warna kuning-orange untuk bulan ke-2 dan ke-3 (bulan Oktober-November 2018), dan turun menjadi warna kuning-hijau untuk bulan ke-4 (bulan Desember 2018). Hal ini menunjukkan bahwa gempa dengan magnitudo yang cukup ( ≥ 6.0 SR ) memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap aktivitas seismik Gunung Rinjani.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gempa Tektonik, Gempa Lombok, Sinyal Seismik, Gunung Rinjani
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:30
Last Modified: 25 Sep 2023 07:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42766

Actions (login required)

View Item View Item