PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN PhET SIMULATIONS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

LIANA, LIANA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN PhET SIMULATIONS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Liana_E1Q019039_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaan berbasis masalah berbantuan PhET simulations terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fisika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 4 Mataram dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, karena terdapat empat kelas XI IPA, sehingga ditentukan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik di kelas eksperimen adalah 45,09, sementara nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol adalah 39,61, sedangkan nilai rata�rata penguasaan konsep kelas eksperimen adalah 70 dan kelas kontrol 51,15. Data kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep kedua kelas tersebut terdistribusi normal dan keduanya homogen. Data kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep dianalisis dengan menggunkan uji t-test polled varians pada taraf signifikan 5% dan diperoleh kemampuan pemecahan masalah sebesar 2,24, sementara penguasaan konsep diperoleh sebesar 6,18 dan diperoleh sebesar 2,00, dengan kriteria pengujian hipotesis jika lebih besar dari maka ditolak dan diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan PhET simulations terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Berbasis Masalah, PhET Simulations, Pemecahan Masalah, Penguasaan Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Sep 2023 12:51
Last Modified: 25 Sep 2023 12:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42767

Actions (login required)

View Item View Item