PENERAPAN METODE KUMON UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

SITI HAFAZAH, SITI HAFAZAH (2015) PENERAPAN METODE KUMON UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HAFAZAH PGSD 2015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III SDN 16 Mataram dengan penerapan metode Kumon. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi dan tahap refleksi. Cara pengumpulan data untuk hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tertulis yang diberikan pada setiap akhir siklus, sedangkan untuk aktivitas guru dan siswa diambil melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peningkatan kualitas proses pelaksanan pembelajaran yakni untuk aktivitas mengajar guru siklus I memperoleh skor 22 dengan kategori aktif dan pada siklus II aktivitas mengajar guru meningkat dengan perolehan skor 28 dengan kategori sangat aktif. Demikian juga untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 44 dengan kategori aktif dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 56 dengan kategori sangat aktif. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 77,69 dengan persentase ketuntasan klasikal 74,3% dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata 83,84 dengan persentase ketuntasan klasikal 87,17%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Kumon dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III SDN 16 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Kumon, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 May 2018 01:33
Last Modified: 26 May 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4279

Actions (login required)

View Item View Item