ASPEK REPRODUKSI IKAN LEMURU (Sardinella lemuru) YANG DIDARATKAN DI PPI TANJUNG LUAR LOMBOK TIMUR SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN MATA KULIAH ZOOLOGI

LIDIA ZINDARTI, NURMIA (2023) ASPEK REPRODUKSI IKAN LEMURU (Sardinella lemuru) YANG DIDARATKAN DI PPI TANJUNG LUAR LOMBOK TIMUR SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN MATA KULIAH ZOOLOGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Ikan lemuru (Sardinella lemuru) adalah ikan pelagis dengan populasi yang paling banyak di Indonesia tepatnya di Selat Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek reproduksi ikan lemuru (S. Lemuru) yang didaratkan di PPI Tanjung Luar Lombok Timur sebagai bahan pengayaan mata pelajaran zoologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2023, bertempat di Tanjung Luar, Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan ikan lemuru (S. lemuru) dengan total sampel 188 ekor, betina berjumlah 56 ekor dan jantan 132 ekor. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengambilan sampel secara PCAS. Data diambil dengan cara mengukur panjang tubuh, menimbang bobot tubuh, menisbahkan kelamin, mengelompokkan TKG dan menganalisis IKG. Diperkirakan ikan lemuru memijah pada bulan April-Juni dengan mengacu TKG dan IKG. Analisis TKG dengan cara mengamati morfologi dan menimbang bobot gonad ikan sedangkan IKG membandingkan berat gonad dan bobot tubuh dikali 100%. TKG yang ditemukan berkisar dari TKG I sampai TKG V dengan jenis kelamin yang mendominasi jantan. TKG tertinggi ditemukan pada bulan Maret berjenis kelamin betina dalam keadaan bunting sedangkan TKG berjenis kelamin jantan dalam kondisi gonad yang berkembang. Dari hasil analisis data IKG tertinggi berjenis kelamin betina yang didapatkan pada bulan Februari 3,5 % dan terendah pada bulan Maret 0,3% Jantan. Hasil pengamatan panjang rata-rata tubuh ikan lemuru tertinggi pada bulan Februari 15,75 cm dan terendah pada bulan Maret 15,04 cm. Berdasarkan bobot tubuh ikan lemuru tertinggi pada bulan Februari 33,03 gr dan terendah pada bulan Maret 30,63 gr. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ikan lemuru matang gonad di perairan Tanjung Luar terjadi pada bulan Maret dan diperkirakan akan memijah pada bulan April sampai Juni.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aspek Reprodukasi, Sardinella Lemuru, Pengayaan Mata Pelajaran Zoologi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:17
Last Modified: 25 Oct 2023 23:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42791

Actions (login required)

View Item View Item