PERAN GANDA ISTRI NELAYAN DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT PESISIR DESA SERIWE KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Cindra Sari, Mustawi (2023) PERAN GANDA ISTRI NELAYAN DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT PESISIR DESA SERIWE KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI CINDRA SARI MUSTAWI(1)-2 (1) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Cindra Sari Mustawi[1].pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Peran istri nelayan dalam rumah tangga saat ini telah mengalami perubahan, seorang istri tidak hanya berperan dalam sektor domestik saja namun kini telah mengalami perubahan dengan bertambahnya peran pada sektor publik dan sosial. Hal ini terjadi pada masyarakat di Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Peran Ganda Istri Nelayan Dalam Kehidupan Sosial Masyarakat Pesisir Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur”. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk peran ganda istri nelayan dan implikasi pada aspek sosial dan budaya. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain pendekatan fenomenologi. Menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Purposive sampling adalah teknik yang digunakan untuk pemilihan subjek penelitian, dalam hal ini istri nelayan di Desa Seriwe yang memiliki peran ganda yaitu bekerja di rumah dan diluar rumah menjadi buruh rumput laut, penjual ikan, pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk peran ganda yang dilaksanakan oleh istri nelayan di Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru secara umum ada tiga yaitu 1. Peran sebagai istri dan ibu, 2. Peran sebagai pencari nafkah dan 3. Peran sosial. Kemudian untuk implikasi pada aspek ekonomi yaitu perekonomian keluarga meningkat. Implikasi pada aspek sosial budaya tetap mengikuti kegiatan sosial masyarakat dan waktu bersama anak berkurang karena lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Ganda, Istri Nelayan, Buruh rumput laut
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:32
Last Modified: 25 Oct 2023 23:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42795

Actions (login required)

View Item View Item