PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI ELASTISITAS PESERTA DIDIK

RISA, RAHMAWATI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI ELASTISITAS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RISA RAHMAWATI_SKRIPSI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL 1 (KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS) FIX.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL 2 (HASIL BELAJAR SISWA) FIX.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar materi elastisitas peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Jonggat yang berjumlah 158 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik berupa tes uraian 5 soal dan pilihan ganda 20 soal. Analisis data pada penelitian ini adalah uji-t polled varians test. Dari hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh thitung > ttabel 3,50 > 2,00 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis materi elastisitas peserta didik. Sedangkan dari hasil analisis hasil belajar diperoleh thitung > ttabel 3,51 > 2,00 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar materi elastisitas peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:35
Last Modified: 25 Oct 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42804

Actions (login required)

View Item View Item