PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PhET TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG

ESA, IMANIAH (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PhET TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Esa Imaniah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
3836-Article Text-21227-1-10-20230627.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh model problem based learning berbantuan PhET terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Gelombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonquivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN 1 Mataram dengan sampelnya yaitu peserta didik kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas XI MIPA 4 dengan jumlah peserta didik 29 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Sebelum instrumen tes diberikan, terlebih dulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda. Hasil analisis menunjukkan skor rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang diajarkan dengan model problem based leraning berbantuan PhET adalah 79,65 dan peserta didik yang diajarkan tanpa menggunakan PhET nilai rata-ratanya adalah 69,77. Hasil pengujian hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 6,45 dan ttabel sebesar 2,00. Dengan demikian nilai thitung lebih besar dari ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh model problem based leraning berbantuan PhET terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gelombang kelas XI MAN 1 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): problem based learning, PhET, hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:34
Last Modified: 25 Oct 2023 23:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42807

Actions (login required)

View Item View Item