PENGARUH VIRTUAL LAB DENGAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA KELAS XI DI MAN 1 LOMBOK BARAT

ATMI IZZAH, NURSAFITRI (2023) PENGARUH VIRTUAL LAB DENGAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA KELAS XI DI MAN 1 LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ATMI IZZAH NURSAFITRI (E1M019008).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Atmi Izzah Nursafitri (E1M019008).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penerapan media virtual lab dengan metode demonstrasi berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa pada materi titrasi asam basa di MAN 1 Lombok Barat. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di MAN 1 Lombok Barat yang berjumlah dua kelas dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yang artinya seluruh populasi digunakan sebagai sampel dengan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan ganda, dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa pada materi titrasi asam basa data posttest diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 64,71 dan kelas kontrol adalah 50,64. Data hasil belajar yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji t (t-polled variance). Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung (3,87) > ttabel (2,01) pada taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan media virtual lab dengan metode demonstrasi berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa pada materi titrasi asam basa kelas XI di MAN 1 Lombok Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media virtual lab, hasil belajar siswa, titrasi asam basa, MAN 1 Lombok Barat.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:34
Last Modified: 25 Oct 2023 23:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42808

Actions (login required)

View Item View Item