ANALISIS KESESUAIAN TARIF BERDASARKAN NILAI ATP (ABILITY TO PAY) DAN WTP (WILLINGNESS TO PAY) KM KIRANA VII RUTE PERJALANAN LEMBAR-TANJUNG PERAK

LALE SRI AYU, UTAMI (2023) ANALISIS KESESUAIAN TARIF BERDASARKAN NILAI ATP (ABILITY TO PAY) DAN WTP (WILLINGNESS TO PAY) KM KIRANA VII RUTE PERJALANAN LEMBAR-TANJUNG PERAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR - LALE SRI AYU UTAMI - F1A019084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTKEL ILMIAH LALE SRI AYU UTAMI-F1A019084.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

KM Kirana VII merupakan kapal yang baru beroperasi kurang lebih dua tahun. Banyak masyarakat yang ingin mencoba kapal ini karena melihat informasi dari sosial media seperti youtube dan instagram. Pelaku pengguna kapal cepat biasanya dari berbagai kalangan, untuk mengetahui apakah penumpang merasa sesuai terhadap tarif yang dikenakan sebesar Rp 197.000 dengan pelayanan yang diterima maka perlu dilakukan analisis ATP dan WTP terhadap KM Kirana VII. Banyak konsumen yang tertarik karena fasilitas yang disediakan sangat lengkap, nyaman, aman, dan pelayanan yang diberikan juga baik. Perlu adanya pengkajian untuk mengetahui kesesuaian tarif berdasarkan nilai ATP dan WTP KM Kirana VII rute perjalanan Lembar-Tanjung Perak. Untuk mencari nilai ATP dan WTP responde digunakan metode houdehold budget dan metode persepsi. Pada penelitian ini menunjukan persentase kemampuan membayar (ability to pay) dan nilai kemauan membayar (willingness to pay) penumpang KM Kirana VII rute Lembar-Tanjung Perak. Dari hasil analisis diperoleh presentase ATP penumpang kapal yang mampu membayar tarif sebesar 68,39 % dan yang tidak mampu membayar sebesar 31.61 %. Presentase WTP penumpang KM Kirana VII yang mau membayar tarif sebesar 35,48 %, dan yang tidak mau membayar tarif 64,52%. Terdapat 32,91 % penumpang kapal kirana yang mampu membayar tetapi tidah mau membayar sesuai tarif yang diberlakukan. Rata-rata nilai ATP dalam rupiah didapatkan sebesar Rp211.652/sekali jalan. Sedangkan rata-rata nilai WTP dalam rupiah sebesar Rp177.406/sekali jalan. Artinya rata-rata nilai ATP > WTP dimana kemampuan membayar lebih tinggi dari pada kemauan membayarnya. Faktorfaktor yang mempengaruhi antara lain sebagian besar penumpang KM Kirana VII bekerja sebagai wiraswasta, buruh, mahasiswa dan IRT atau tidak bekerja yang menyebabkan penghasilan keluarga yang dimiliki relatif rendah. Selain itu, tingkat kepuasan pelayanan juga menjadi faktor rendahnya nilai WTP responden yang disebabkan oleh keterlambatan jadwal kapal karena mengantri giliran sandar, sebagian besar penumpang juga akan melanjutkan perjalanan ke kota berikutnya. Untuk kesesuaian tarif berdasarkan nilai ATP dan WTP penumpang KM Kirana VII berada pada zona keleluasaan penentuan tarif ideal tetapi perlu meningkatkan pelayanannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tarif, Ability To Pay (ATP), Willingness To Pay (WTP)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:35
Last Modified: 25 Oct 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42816

Actions (login required)

View Item View Item