PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA

ISTIQAMAH, NUR (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel Hasil Penelitian.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery dan inkuiri terbimbing berbasis eksperimen terhadap hasil belajar fisika dan sikap ilmiah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan bentuk desain penelitian yaitu Desain faktorial 2×2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Mataram sebanyak 13 kelas. Teknik pengambilan sampel yakni cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t dua sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: terdapat pengaruh model pembelajaran discovery berbasis eksperimen terhadap hasil belajar fisika dan sikap ilmiah siswa, dan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen terhadap hasil belajar fisika dan sikap ilmiah siswa, serta terdapat pengaruh model pembelajaran discovery dan inkuiri terbimbing berbasis eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa, dan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Discovery, Inkuiri Terbimbing, Eksperimen, Sikap Ilmiah, dan Hasil Belajar Fisika
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 May 2018 01:32
Last Modified: 26 May 2018 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item