PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH KANTILEVER DENGAN BORED PILE PADA RUAS JALAN BIZAM-MANDALIKA DESIGN OF CANTILEVER RETAINING WALL WITH BORED PILE ON BIZAMMANDALIKA ROAD SECTION

DIEN TSANIA, THORIQA (2023) PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH KANTILEVER DENGAN BORED PILE PADA RUAS JALAN BIZAM-MANDALIKA DESIGN OF CANTILEVER RETAINING WALL WITH BORED PILE ON BIZAMMANDALIKA ROAD SECTION. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH TUGAS AKHIR DIEN TSANIA THORIQA F1A019044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH DIEN TSANIA THORIQA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dinding penahan tanah adalah salah satu jenis konstruksi yang berfungsi untuk menahan tanah agar tidak bergeser ataupun longsor. Seperti pada STA 10+150 ruas jalan BIZAM-Mandalika, terdapat timbunan tanah setinggi 6 m. Perkuatan yang digunakan adalah dinding penahan tanah tipe kantilever dengan tambahan bored pile. Data yang digunakan pada perencanaan ini berupa data sekunder dari proyek perencanaan jalan BIZAM-Mandalika. Perhitungan perencanaan dilakukan secara manual dengan menggunakan metode Rankine. Perencanaan ini bertujuan untuk mengetahui dimensi dinding penahan kantilever dengan Bored Pile, dan juga untuk mengetahui faktor aman terhadap stabilitas guling, geser dan daya dukung tanah. Berdasarkan perencanaan perhitungan manual diperoleh dimensi dinding penahan tanah adalah tinggi (H) = 8m, lebar dasar fondasi (B) = 5,0 m, lebar atas dinding (a) = 0,3m, tinggi plat fondasi (D) = 1m, kedalaman plat = 2m, bagian ujung kaki (toe) = 1,0m, bagian tumit (heel) = 2,8m. Analisa stabilitas guling, geser dan daya dukung tanah dinding penahan tanah kantilever didapatkan nilai safety factor berturutturut sebesar 2,94; 0,56; 1,29 dan stabilitas guling, geser dan daya dukung tanah dinding penahan tanah kantilever dengan bored pile tanpa gempa didapatkan nilai safety factor berturut-turut sebesar 5,6; 1,70; 2,04, sedangkan untuk stabilitas guling, geser dan daya dukung tanah dinding penahan tanah kantilever dengan bored pile kondisi gempa didapatkan nilai safety factor secara berturut-turut sebesar 2,32; 1,30; 1,86. Diameter tulangan utama yang digunakan adalah 7D22, 12D22 untuk bagian dinding dan 10D22 untuk bagian plat fondasi. Diameter tulangan susut sebesar D12-80 untuk bagian dinding penahan tanah. Diameter tulangan utama pada bored pile yang digunakan adalah 14D22, dan D12-75 untuk tulangan geser spiral.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Timbunan, Dinding Kantilever, Bored Pile, Gempa, Beton
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:35
Last Modified: 25 Oct 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42821

Actions (login required)

View Item View Item