PENGARUH TANAMAN REFUGIA TERHADAP POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA Aphis sp. PADA TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.)

Angga, Marzuki A. (2023) PENGARUH TANAMAN REFUGIA TERHADAP POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA Aphis sp. PADA TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Angga Marzuki A..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Angga Marzuki.pdf

Download (628kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui populasi dan intensitas serangan hama kutu daun (Aphis sp.) pada tanaman kentang (Solanum tuberosum L.) terhadap pengendalian dengan menggunakan tanaman refugia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan yaitu P0 : Kontrol, P1 : Bunga Kenikir, P2 : Kacang Kapri, P3 : Bunga Matahari, P4 : Bunga Marigold dan P5 : Bunga Zinia dan terdapat 3 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan tanaman refugia yang diintegrasikan pada tanaman kentang terhadap populasi, intensitas serangan dan berat umbi kentang tidak menunjukkan adanya perbedaan secara signifikan pada setiap perlakuan tanaman refugia dalam menekan populasi dan intensitas serangan hama kutu daun (Aphis sp.). Namun, pada perlakuan bunga marigold, Tanaman kacang kapri dan bunga zinia bisa menekan populasi Aphis sp. berada di bawah ambang batas ekonomi pada tanaman kentang (Solanum tuberosum L.). Sedangkan analisis pada kelompok ulangan menunjukkan hasil yang berbeda nyata secara signifikan dalam menekan populasi dan intensitas serangan hama kutu daun (Aphis sp.) pada tanaman kentang (Solanum tuberosum L.)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aphis sp., Refugia, Kentang
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:35
Last Modified: 25 Oct 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42823

Actions (login required)

View Item View Item