HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP MASYARAKAT TENTANG PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI DUSUN BILEKEDIT BARAT DESA BABUSSALAM, KECAMATAN GERUNG, KABUPATEN LOMBOK BARAT

NURUL FIKRIA, SAGITARINI (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP MASYARAKAT TENTANG PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI DUSUN BILEKEDIT BARAT DESA BABUSSALAM, KECAMATAN GERUNG, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Nurul Fikria Sagitarini_K1A018061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_ Nurul Fikria S_K1A018061.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Pada Desember 2019 muncul wabah penyakit yang diakibatkan oleh virus SARS-CoV-2. Dalam waktu relatif singkat penyakit ini menyebar ke seluruh dunia termasuk di Indonesia, sehingga dinyatakan sebagai pandemi COVID-19. Untuk mencegah penularan penyakit COVID-19, pemerintah melakukan penerapan protokol kesehatan. Masyarakat diharapkan mampu mengikuti penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap masyarakat tentang protokol kesehatan COVID-19 yang dilaksanakan di Dusun Bilekedit Barat, Desa Babussalam, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan uji korelasi spearman untuk mengetahui hubungan antarvariabel. Gambaran tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat tentang protokol kesehatan COVID-19 menunjukkan hasil dengan kategori baik yaitu rata-rata nilai dari per variabel tingkat pengetahuan dan sikap masing-masing 79,70% dan 84,02% dengan nilai per indikator tingkat pengetahuan dan sikap masing-masing 84,30% dan 85,20%. Berdasarkan uji korelasi disimpulkan ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat tentang protokol kesehatan (p = 0,001) dengan kekuatan korelasi yang lemah (r = 0,334).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengetahuan, Sikap, Protokol Kesehatan, COVID-19
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:35
Last Modified: 25 Oct 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42826

Actions (login required)

View Item View Item