PERAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP EFISIENSI USAHATANI HIDROPONIK DAN KONVENSIONAL DI LOMBOK

Gracia Mariati, Gunawan (2023) PERAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP EFISIENSI USAHATANI HIDROPONIK DAN KONVENSIONAL DI LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Gracia Mariati Gunawan_Peran Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Efisiensi Usahatani Hidroponik Dan Konvensioanal Di Lombok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
J_Gracia Mariati Gunawan_Peran Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Efisiensi Usahatani Hidroponik Dan Konvensioanal Di Lombok.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Dengan adanya pembudidaya sayuran hidroponik dan konvensional diharapkan mampu untuk menyediakan kebutuhan sayuran segar, peran pengembangan media sosial digunakan sebagai sumber informasi pertanian hingga pemasaran produk dengan memanfaatkan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi pemanfaatan media sosial oleh petani hidroponik dan konvensional. (2) Menganalisis peran pemanfaatan media sosial terhadap efisiensi usahatani sayuran Hidroponik dan konvensional di Lombok. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan penentuan daerah sampel secara purposive sampling dengan alasan bahwa Kota Mataram dan Lombok Timur terdapat paling banyak komunitas petani sayuran hidroponik dan konvensional. kemudian Teknik penentuan responden Hidroponik pada penelitian ini yaitu menggunakan “Proportional Sampling” yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu yang dimana anggota sampel bersifat homogen dengan jumlah 8 di Kota Mataram, 7 di Kecamatan Cakranegara dan 5 di Kecamatan Selaparang dan pada penentuan responden Konvensional, peneliti menggunakan “Accidental Sampling” yaitu peneliti bertemu secara kebetulan yang dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang petani tersebut cocok sebagai sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Media Sosial terhadap usahatani Hidroponik dengan analisis hasil uji t oleh responden yang menggunakan media sosial dan tidak menggunakan media sosial memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.002 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan antara petani hidroponik yang menggunakan media sosial dan tidak menggunakan media sosial. Peran Media Sosial terhadap Konvensional dengan analisis hasil uji t oleh responden yang menggunakan media sosial dan tidak menggunakan media sosial memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan antara petani hidroponik yang menggunakan media sosial dan tidak menggunakan media sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Sosial, Efisiensi, Hidroponik, Konvensional
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:36
Last Modified: 25 Oct 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42835

Actions (login required)

View Item View Item