KONTRIBUSI PENDAPATAN PENGRAJIN IJUK TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA GEGERUNG KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Kurratul, Uyun (2023) KONTRIBUSI PENDAPATAN PENGRAJIN IJUK TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA GEGERUNG KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_KURRATUL UYUN_C1G019139.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
jurnal_Kurratul Uyun_C1G019139.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Keberlanjutan usaha kerajinan berbahan dasar ijuk sangat penting untuk bisa dijaga dan dikembangkan, karena memiliki pengaruh yang besar terhadap perubahan pendapatan rumah tangga yang semakin meningkat, sehingga dapat memperbaiki perekonomian masyarakat secara umum. Desa Gegerung Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat merupakan daerah yang masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin ijuk. usaha kerajinan ijuk ini sudah menjadi warisan turun temurun dari nenek moyang mereka dan berlangsung sejak lama bahkan sebelum mereka lahir. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pendapatan pengrajin dari kerajinan ijuk, (2) menganalisis kontribusi pendapatan pengrajin dari kerajinan ijuk terhadap pendapatan rumah tangga pengrajin (3) menganalisis hambatan-hambatan yang dihadapi pengrajin dari usaha kerajinan ijuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, unit analisis dalam penelitian adalah Rumah Tangga Pengrajin Ijuk di Desa Gegerung. penentuan daerah penelitian dilakukan secara Purposive Sampling dengan pertimbangan bahwa saat ini pengrajin masih membuat kerajinan ijuk dan masih memproduksi kerajinan ijuk, Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling dengan pertimbangan bahwa siapa saja yang kebetulan ditemui oleh peneliti di lapangan yang masih membuat kerajinan ijuk. jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data kuantitatif dan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) rata-rata pendapatan pengrajin ijuk satu kali proses produksi sebesar Rp 245.610,29/per proses dan untuk 3 kali proses produksi selama 1 bulan sebesar Rp 736.830,87/per bulan, (2) Kontribusi pendapatan pengrajin ijuk terhadap pendapatan rumah tangga adalah sebesar 27%, yang menunjukkan pengrajin memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga pengrajin, (3) Hambatan-hambatan dalam usaha kerajinan ijuk adalah, Keterbatasan modal, ketersediaan bahan baku, keadaan cuaca, keterbatasan waktu dan keadaan fisik (sakit).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keberlanjutan usaha kerajinan berbahan dasar ijuk sangat penting untuk bisa dijaga dan dikembangkan, karena memiliki pengaruh yang besar terhadap perubahan pendapatan rumah tangga yang semakin meningkat, sehingga dapat memperbaiki perekonomian masyarakat secara umum. Desa Gegerung Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat merupakan daerah yang masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin ijuk. usaha kerajinan ijuk ini sudah menjadi warisan turun temurun dari nenek moyang mereka dan berlangsung sejak lama bahkan sebelum mereka lahir. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pendapatan pengrajin dari kerajinan ijuk, (2) menganalisis kontribusi pendapatan pengrajin dari kerajinan ijuk terhadap pendapatan rumah tangga pengrajin (3) menganalisis hambatan-hambatan yang dihadapi pengrajin dari usaha kerajinan ijuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, unit analisis dalam penelitian adalah Rumah Tangga Pengrajin Ijuk di Desa Gegerung. penentuan daerah penelitian dilakukan secara Purposive Sampling dengan pertimbangan bahwa saat ini pengrajin masih membuat kerajinan ijuk dan masih memproduksi kerajinan ijuk, Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling dengan pertimbangan bahwa siapa saja yang kebetulan ditemui oleh peneliti di lapangan yang masih membuat kerajinan ijuk. jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data kuantitatif dan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) rata-rata pendapatan pengrajin ijuk satu kali proses produksi sebesar Rp 245.610,29/per proses dan untuk 3 kali proses produksi selama 1 bulan sebesar Rp 736.830,87/per bulan, (2) Kontribusi pendapatan pengrajin ijuk terhadap pendapatan rumah tangga adalah sebesar 27%, yang menunjukkan pengrajin memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga pengrajin, (3) Hambatan-hambatan dalam usaha kerajinan ijuk adalah, Keterbatasan modal, ketersediaan bahan baku, keadaan cuaca, keterbatasan waktu dan keadaan fisik (sakit).
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:36
Last Modified: 25 Oct 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42838

Actions (login required)

View Item View Item