ANALISIS KETERCAPAIAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS MATARAM

AULIA, MAULIDINA (2023) ANALISIS KETERCAPAIAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AULIA MAULIDINA..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL AULIA MAULIDINA.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi lulusan adalah dengan mengeluarkan kebijakan MBKM. Diantara 8 program dalam kebijakan MBKM, mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi paling banyak menaruh minat pada program kampus mengajar. Program Kampus Mengajar merupakan interpretasi dari kebijakan MBKM yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya melalui asistensi mengajar di satuan pendidikan dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan, kebermanfaatan, dan ketercapaian tujuan program kampus mengajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan studi dokumen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program kampus mengajar pada Program Studi Pendidikan Biologi terlaksana dengan baik, dimana mahasiswa mengikuti serangkaian pelaksanaan yang terdiri dari pembekalan, penugasan dan evaluasi, sehingga mahasiswa mampu memberikan dampak bagi sekolah.Kebermanfaatan program kampus mengajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi berupa peningkatan kompetensi dari segi sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan. Tujuan program kampus mengajar adalah bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan melalui konsep pembelajaran literasi dan numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi pendidikan. Ketercapaian tujuan program kampus mengajar dalam penerapan konsep pembelajaran literasi dan numerasi dapat dilihat dari kemampuan mahasiswa mengimplementasikan beberapa program berbasis literasi dan numerasi yang inovatif, dalam adaptasi teknologi mahasiswa mampu mengimplementasikan teknologi untuk membantu guru dan peserta didik. Dalam administrasi sekolah dilihat dari aktivitas mahasiswa dalam membantu sekolah dalam hal administrasi siswa, administrasi kurikulum, administrasi sarana dan prasarana, serta administrasi guru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): MBKM, Kampus Mengajar, Kompetensi mahasiswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:36
Last Modified: 25 Oct 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42842

Actions (login required)

View Item View Item