PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 1 PUJUT

Marniati Kariani, Marniati Kariani (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 1 PUJUT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal (Artikel Ilmiah).pdf

Download (182kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan strategi inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritias siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan jenis non- equivalent control group design dengan teknik pengumpulan data berupa tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan berpikir kritis siswa yang dicapai pada kelas eksperimen yaitu dengan nilai tertinggi 88.88 dan nilai terendah 61.11 dengan rata-rata 72.217, sedangkan nilai tertinggi untuk kelas kontrol 77.77 dan nilai terendah 44.44 dengan rata-rata 59.65. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh diperoleh thitung = 5.25 > ttabel =1.68023 dengan DK = n1 + n2 -2 pada taraf signifikan 5%, sehingga nilai thitung = 5.25 > ttabel =1.68023, ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang apabila pada kelas eksperimen diberikan perlakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Dari hasil penjelasan tentang hasil penelitian ini, maka strategi inkuri dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Pujut pada mata pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Inkuiri, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 26 May 2018 01:32
Last Modified: 26 May 2018 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4286

Actions (login required)

View Item View Item