POPULASI DAN KARAKTERISTIK HABITAT YANG DIGUNAKAN OLEH SRIGUNTING WALLACEA (Dicrurus densus) DI BLOK PEMANFAATAN TAMAN WISATA ALAM GUNUNG TUNAK

A. Defi Yulita, Pratiwi (2023) POPULASI DAN KARAKTERISTIK HABITAT YANG DIGUNAKAN OLEH SRIGUNTING WALLACEA (Dicrurus densus) DI BLOK PEMANFAATAN TAMAN WISATA ALAM GUNUNG TUNAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
A Defi Yulita Pratiwi .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL POPULASI DAN KARAKTERISTIK HABITAT SRIGUNTING WALLACEA (Dicrurus densus).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui populasi Srigunting Walacea(Dicrurus densus ) di blok pemanfaatan Taman Wisata Alam Guung Tunak dan mengetahui karakteristik habitat yang digunakan oleh burung Srigunting Walacea (Dicrurus Densus) di blok pemanfaatan Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Hasil penelitian ini diharapkanmampu menyumbangkan data dan informasi guna melengkapi data ekologi burungSrigunting Wallacea (Dicrurus Densus ) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodeIPA(Index Ponctual le de’Abondance ). Jalur pengamatan yaitu 1 km, dalamjalur tersebut pengamat membuat titik pengamatan berbentuk lingkaran dengan radius 25 meter dari titikpusat lingkaran dengan durasi 30 menit. Pengamatan dilakukan pada pukul 06.00-18.00WITA dengan 3 kali pengulangan. Hasil dari penelitian ini diketahui terdapat populasi Srigunting Wallacea (Dicrurus densus ) berjumlah 60 individu, populasi tertinggi beradadi jalur pertama dengan jumlah 16 individu dan populasi terendah pada jalur keempat denganjumlah 9 individu. Pohon tengger Srigunting Wallacea (Dicrurus densus ) berumlah8jenis, dengan Pree (Streblus asper ) sebagai pohon tengger dengan penggunaan tertinggi. Pohonpakan Srigunting Wallacea (Dicrurus densus ) berumlah 6 jenis, dengan Berore sebagai pohon pakan tertinggi dan Pohon sarang Srigunting Wallacea(Dicrurus densus ) berumlah3jenis, dengan Bebalang (Knema caerea ), sebagai pohon sarang tertinggi. Suhu rata-ratahabitat Srigunting Wallacea (Dicrurus densus ) pada pagi hari berkisar antara 25 –27ͦ Cdengan kelembapan berkisar antara 61 – 76 %. Pada siang hari diperoleh suhu yangberkisar antara 30 – 33 ͦ C dengan kelembapan berkisar antara 62 – 65 %, sedangkan untuksorehari didapat suhu rata – rata berkisar antara 25 -27 ͦ C dengan kelembapan berkisar antara66 – 68 %. dan intensitas cahaya pagi hari berkisar antara 104 – 284, untuk sianghari diperoleh nilai yang berkisar antara 1230 – 3015, sedangkan untuk sore hari diperolehnilai yang berkisar antara 132 -582.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Blok pemanfaatan, Populasi, Karakteristik Habitat, Sriguting Wallacea (Dicrurusdensus ) Taman Wisata Alam Gunung Tunak.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:55
Last Modified: 26 Oct 2023 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42883

Actions (login required)

View Item View Item