PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA VIII-B SMP NEGERI 17 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011

HANADI, MUHAMMAD (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA VIII-B SMP NEGERI 17 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi benar.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dari hasil pembahasan di atas dapat disimpulkan beberapa hal antara lain: 1. Dengan penerapan media picture and picture dapat meningkatkan motivasi dalam menulis cerpen. Peningkatan ini terlihat dari tahap pembelajaran pada siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan proses dan hasil yaitu rata-rata pada setiap aspek yang dinilai maupun rata-rata kemampuan menulis cerpen secara umumnya. 2. Dari peningkatan penilaian proses pada setiap aspek dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) aspek kerjasama meningkat dari rata-rata 69,35 pada siklus I menjadi rata-rata 79,83 pada siklus II; (2) aspek keseriusan meningkat dari rata-rata 64,51 pada siklus I menjadi rata-rata 83,87 pada siklus II; (3) aspek tanggung jawab meningkat dari rata-rata 54,03 pada siklus I menjadi rata-rata 77,41 pada siklus II; (4) aspek keaktifan meningkat dari dari rata-rata 68,57 pada siklus I menjadi rata-rata 75 pada siklus II. 3. Dari peningkatan penilaian hasil pada setiap aspek dapat dikemukakan sebagai berikut. (1) aspek kesesuaian cerita meningkat dari rata-rata 78,22 pada siklus I menjadi rata-rata 81,45 pada siklus II; (2) aspek struktur kalimat meningkat dari rata-rata 52,41 pada siklus I menjadi rata-rata 65,32 pada siklus II; (3) aspek diksi meningkat dari rata-rata 62,96 pada siklus I menjadi rata-rata 96,7 pada siklus II; (4) aspek pengembangan ide meningkat dari rata-rata 51,61 pada siklus I menjadi rata-rata 70,16. 4. Peningkatan hasil pembelajaran secara klasikal pada siklus I mengalami peningkatan 21,93 % dari rata-rata 70 atau 70,96 % pada siklus II menjadi rata-rata 8,10 atau 80 % pada siklus II berarti telah mencapai indikator keberhasilan. Dengan penerapan media picture and picture pada pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VIII-B SMP Negeri 17 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan hasil pembelajaran secara klasikal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 May 2018 01:31
Last Modified: 26 May 2018 01:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4289

Actions (login required)

View Item View Item