PENGARUH PGPR PUTRI MALU DAN PUPUK PETROGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) DI LAHAN KERING PRINGGABAYA

Heni, Septiani (2023) PENGARUH PGPR PUTRI MALU DAN PUPUK PETROGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) DI LAHAN KERING PRINGGABAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HENI 050923.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
artikel heni 310823.pdf

Download (817kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan Petroganik dan PGPR berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Kacang Hijau, dilakukan pada bulan Juli 2022 sampai bulan Oktober 2022 di desa Pringgabaya Utara, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur. Metode penelitian yang digunakan pada percobaan ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial yang terdiri atas 3 Faktor yaitu Petroganik dengan G0 tanpa pemberian Petroganik, G1 dengan pemberian Petroganik, PGPR dengan P0 tanpa pemberian PGPR, P1 dengan pemberian PGPR dan Varietas dengan menggunakan dua varietas yaitu Varietas Vima 4 dan Varietas Vimil 2, Sehingga didapatkan 8 kombinasi perlakuan dan diulangi sebanyak tiga kali sehingga mendapatkan total 24 kombinasi perlakuan. Pemberian pupuk Petroganik dapat meningkatkan laju pertumbuhan jumlah daun dan bobot 100 biji, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel pengamatan lainnya. Pemberian PGPR akar Putri Malu berpengaruh signifikan terhadap jumlah daun, berat berangkasan kering, jumlah polong, polong bernas, jumlah biji per tanaman dan berat biji per tanaman, sedangkan pada penggunaan dua varietas yang berbeda memberikan pengaruh nyata terhadap jumlah daun, berat biji per tanaman dan bobot 100 biji. Interaksi antar perlakuan Petroganik, PGPR dan Varietas berpengaruh signifikan terhadap tinggi tanaman 28 HST dan 28 HST dan Interaksi pada perlakuan Petroganik dan Varietas berpengaruh signifikan terhadap bobot 100 biji.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kacang Hijau, PGPR, Petroganik dan Varietas
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:55
Last Modified: 26 Oct 2023 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42891

Actions (login required)

View Item View Item