PENGARUH PGPR AKAR PUTRI MALU DAN PUPUK HAYATI MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) DI LAHAN KERING PRINGGABAYA

Hilda, Hardianti (2023) PENGARUH PGPR AKAR PUTRI MALU DAN PUPUK HAYATI MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) DI LAHAN KERING PRINGGABAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Revisi Skripsi Hilda Hardianti 050923.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Hilda Hardianti.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efek Mikoriza dan PGPR (Plant GrowthPromoting Rhizobacteria) dari akar Putri malu pada pertumbuhan dan hasil varietas kacang hijau di lahan kering Pringgabaya. Metode: eksperimen lapangan dengan Rancangan Acak Kelompok tiga faktor. Faktor pertama: Jamur Mikoriza Arbuskular, faktor kedua: PGPR dari akar Putri malu, faktor ketiga: varietas unggul. Terdapat delapan kombinasi perlakuan yang diulangi tiga kali, sehingga diperoleh 24 unit percobaan. Percobaan dilaksanakan di Desa Pringgabaya, Lombok Timur, pada bulan Agustus–Oktober 2022. Hasil penelitian ini adalah: 1) Mikoriza berpengaruh signifikan terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, dan berat 100 biji. PGPR berpengaruh signifikan terhadap jumlah daun, jumlah polong, dan berat berangkasan kering. Perbedaan varietas hanya berpengaruh signifikan terhadap berat 100 biji. 2) Terjadi interaksi menarik antara perlakuan: Mikoriza-PGPR berpengaruh signifikan terhadap jumlah daun pada 14 hari setelah tanam. Mikoriza-varietas berpengaruh signifikan terhadap jumlah daun pada 21 hari setelah tanam, laju pertumbuhan tinggi tanaman, dan berat 100 biji pada kacang hijau.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kacang hijau, mikoriza, PGPR akar Putri malu, varietas.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:55
Last Modified: 26 Oct 2023 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42892

Actions (login required)

View Item View Item