PANDANGAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN TERHADAP KEJADIAN SKABIES PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-RAISIYAH KECAMATAN SEKARBELA

MUHAMAD MAHFUZ, ZAHRONI (2023) PANDANGAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN TERHADAP KEJADIAN SKABIES PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-RAISIYAH KECAMATAN SEKARBELA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi Final_094208.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Skabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei varietas hominis. Prevalensi skabies di Indonesia tahun 2018 sekitar 5,6%-12,95%. Skabies sering ditemukan di lingkungan padat penduduk yang menetap bersama dalam satu bangunan seperti panti jompo, asrama, panti asuhan, dan pondok pesantren. Insidensi skabies di beberapa pondok pesantren antara lain, hasil penelitian Naftassa (2018) menyatakan tingkat pengetahuan santri terhadap penyakit skabies termasuk dalam kategori baik (62%) namun angka kejadian skabies masih tinggi yaitu 82%, kemudian hasil penelitian Lathifa (2014) juga menyatakan 76,7% santriwati memiliki pengetahuan yang baik terkait skabies namun angak kejadian skabies masih tinggi yaitu 71%. Meskipun para santri memiliki pengetahuan yang baik terhadap penyakit skabies namun insidensi skabies di pondok pesantren masih tinggi dan menjadi masalah yang belum teratasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan pengelola pondok pesantren Al-Raisiyah Sekarbela terhadap kejadian skabies pada santri. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi yang mengkaji pandangan pengelola pondok pesantren terhadap kejadian skabies pada santri di pondok pesantren Al-Raisiyah kecamatan Sekarbela. Hasil: Pengelola pondok pesantren Al-Raisiyah menganggap penyakit skabies merupakan suatu penyakit yang umum di pondok pesantren. Pengelola pondok pesantren belum optimal dalam memberikan perhatian terkait penyakit skabies, meskipun jumlah kasus penyakit skabies pada pondok pesantren Al-Raisiyah sudah banyak. Upaya pencegahan yang sudah dilakukan pengelola pondok pesantren berkaitan dengan sanitasi umum seperti jadwal kebersihan di kelas dan asrama, serta upaya penanganan dengan membawa santri yang terinfeksi skabies ke pelayanan kesehatan terdekat. Simpulan: Tidak terdapat regulasi atau kebijakan khusus terhadap pencegahan dan penanganan penyakit skabies pada santri di pondok pesantren Al-Raisiyah Kecamatan Sekarbela Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Skabies, Persepsi, Kebijakan, Pengelola Pondok Pesantren.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:55
Last Modified: 26 Oct 2023 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42893

Actions (login required)

View Item View Item