PERTUMBUHAN DAN HASIL RATUN BEBERAPA VARIETAS SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench ) DENGAN JUMLAH BUKU YANG BERBEDA SAAT PERATUNAN

BAIQ ARMIAN, NUFUS (2023) PERTUMBUHAN DAN HASIL RATUN BEBERAPA VARIETAS SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench ) DENGAN JUMLAH BUKU YANG BERBEDA SAAT PERATUNAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARMIAN NUFUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL BAIQ ARMIAN NUFUS edited.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil ratun pertama tanaman sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench) dengan jumlah buku berbeda yang ditinggalkan saat peratunan. Percobaan dilaksanakan pada lahan kering yang terletak di Dusun Papak, Desa Segara Katon, Gangga, Lombok Utara pada bulan September 2022 sampai Januari 2023. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan dua faktor yaitu varietas (Bioguma, Numbu, Pahat, Samurai, dan Super 1) dan jumlah buku (1, 2 dan 3 buku). Percobaan dilakukan dengan 15 kombinasi perlakuan dan diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 45 unit percobaan. Data dianalisis dengan Analysis of Variance (ANOVA) dan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas memiliki tinggi tanaman, berat berangkasan kering, berat malai per rumpun, berat biji per rumpun, jumlah biji per rumpun dan hasil yang berbeda. Pada perlakuan jumlah buku memberikan pengaruh nyata terhadap hampir seluruh parameter pengamatan, kecuali jumlah daun dan umur berbunga. Perlakuan dengan kombinasi antara varietas dan jumlah buku berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, panjang malai, berat malai per rumpun, berat biji per rumpun, jumlah biji dan hasil per ha. Bioguma dengan 3 buku yang disisakan saat peratunan memberikan hasil tertinggi (6,2 t/ha).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ratun sorgum, varietas sorgum, jumlah buku
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:55
Last Modified: 26 Oct 2023 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42894

Actions (login required)

View Item View Item