ANALISIS ETIKA LINGKUNGAN SHALLOW ECOLOGY DALAM IMPLEMENTASI KERJASAMA JEPANG DAN INDONESIA PADA SKEMA JOINT CREDITING MECHANISM (JCM)

TIRZA PUTRI, ANGGRAINI (2023) ANALISIS ETIKA LINGKUNGAN SHALLOW ECOLOGY DALAM IMPLEMENTASI KERJASAMA JEPANG DAN INDONESIA PADA SKEMA JOINT CREDITING MECHANISM (JCM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
final draft skripsi tirza tes halaman (AutoRecovered).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal_tirza putri_L1A017106.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memberikan gambaran terkait bagaimana masyarakat global menghadapi perubahan iklim akibat pemanasan global yang mengakibatkan berbagai masalah kompleks lainnya. Kemudian muncul kesadaran dan kepedulian negara-negara untuk menanggulangi perubahan iklim yang terjadi. Rezim lingkungan dibentuk dan kemudian disepakati. Rezim lingkungan menghasilkan kesepakatan dan komitmen yang dilakukan oleh banyak negara termasuk negara maju yang berkewajiban menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) seperti Jepang. Kemudian Jepang membentuk Joint Crediting Mechanism (JCM) yaitu sebuah skema kerjasama bilateral yang dilakukan negara maju dan negara berkembang menciptakan pembangunan bersih untuk membantu suatu negara dalam mewujudkan pengurangan emisi dan upaya pengendalian perubahan iklim. Namun dari beberapa data yang penulis dapat kerjasama ini tidak membawa pengaruh yang signifikan yang kemudian akan dikaji ulang melalui pendekatan shallow ecology terhadap hasil implementasi proyek JCM. Selain itu kerjasama JCM ini hanya sebagai formalitas Jepang yang berkewajiban melakukan penurunan emisi GRK dan Indonesia menjadi media dalam kepentinga Jepang, sedangkan Indonesia mendapat keuntungan yaitu mendapat pihak Indonesia mendapatkan keuntungan secara finansial maupun non finansial untuk menunjang pembangunan negara. Hal ini yang menjadikan kerjasama JCM oleh Jepang dan Indonesia bersifat dangkal atau shallow ecology, karena banyak tujuan pada kerjasama ini berpusat pada kepentingan manusia bukan alam itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gas Rumah Kaca, Jepang, Indonesia, Joint Crediting Mechanism, Kerjasama Bilateral, Perubahan Iklim, Shallow Ecology
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:56
Last Modified: 27 Oct 2023 05:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42899

Actions (login required)

View Item View Item