PERBANDINGAN KADAR SENYAWA GOLONGAN ALKALOID PADA EKSTRAK BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia) BERDASARKAN FAKTOR KETINGGIAN TEMPAT TUMBUH: BAHAN AJAR PENDUKUNG PEMBELAJARAN KIMIA BAHAN ALAM

MIS, NAH (2023) PERBANDINGAN KADAR SENYAWA GOLONGAN ALKALOID PADA EKSTRAK BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia) BERDASARKAN FAKTOR KETINGGIAN TEMPAT TUMBUH: BAHAN AJAR PENDUKUNG PEMBELAJARAN KIMIA BAHAN ALAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi misnah E1M018049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL MISNAH E1M018049.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
modul alkaloid KIMIA BAHAN ALAM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kadar senyawa metabolit sekunder golongan alkaloid dari ekstrak buah mengkudu (Morinda citrifolia) yang tumbuh pada ketinggian yang berbeda. Luaran dari penelitian ini berupa bahan ajar yang akan diuji tingkat kelayakan sehingga dapat mendukung pembelajaran kimia bahan alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: metode kromatografi lapis tipis (KLT); dan metode Gass ChromatographyMass Spectroscopy (GC-MS). Sampel penelitian berasal dari Kecamatan Selaparang (20 mdpl), Kecamatan Lambitu (464 mdpl) dan Kecamatan Sembalun (887 mdpl). Hasil analisis menunjukkan positif adanya senyawa golongan alkaloid pada semua sampel pada metode KLT, dan pada uji GC-MS, ekstrak buah mengkudu dari semua sampel positif mengandung senyawa alkaloid jenis 2-amino-9-(3,4-dihydroxy-5-hydroxymethyl-tetrahydro-furan-2-yl)-3,9-dihydropurine yang dengan luas areanya paling tinggi adalah 867657 (464 mdpl) , kemudian 655914 (20 mdpl) dan yang paling rendah 456890 (887 mdpl). Hasil uji untuk bahan ajar yaitu: hasil perhitungan persentase nilai-nilai uji kelayakan bahan ajar pada mahasiswa yang telah menyelesaikan dan sedang memprogramkan mata kuliah kimia bahan alam adalah 83% kategori sangat layak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar terhadap perbandingan kadar senyawa metabolit sekunder golongan alkaloid dari ekstrak buah mengkudu (Morinda citrifolia) yang tumbuh pada ketinggian yang berbeda layak digunakan untuk mendukung pembelajaran kimia bahan alam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kadar, Alkaloid, Buah Mengkudu, Bahan Ajar, Kimia Bahan Alam
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:56
Last Modified: 27 Oct 2023 05:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42908

Actions (login required)

View Item View Item