KARAKTERISTIK FISIK DAN ORGANOLEPTIK BAKSO DAGING KAMBING DENGAN IMBANGAN TEPUNG JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) DAN TEPUNG TAPIOKA SEBAGAI PANGAN FUNGSIONAL

UZMA, HARYANA (2023) KARAKTERISTIK FISIK DAN ORGANOLEPTIK BAKSO DAGING KAMBING DENGAN IMBANGAN TEPUNG JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) DAN TEPUNG TAPIOKA SEBAGAI PANGAN FUNGSIONAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI UZMA HARYANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL UZMA HARYANA.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Bakso merupakan salah satu produk olahan hasil ternak yang bergizi kaya akan protein dan serat yang digemari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui imbangan tepung jamur tiram (pleurotus ostreatus) dan tepung tapioka terhadap pegaruh karakteristik fisik dan organoleptik bakso daging kambing telah dilakukan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT), Fakultas Peternakan, Universitas Mataram. Materi penelitian yang digunakan adalah daging kambing segar 330 g untuk setiap perlakuan, P1 (20% tepung jamur tiram + 5% tapioka), P2 (15% tepung jamur tiram + 10% tapioka), P3 (10% tepung jamur tiram + 15% tapioka), P4 (5% tepung jamur tiram + 20% tapioka) ditambahkan bumbubumbu pelengkap. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 4 ulangan. Data hasil penelitian dianalisis dengan Analisis of Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakso kambing dengan penambahan tepung jamur tiram tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap nilai pH tetapi berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap nilai daya putus. Nilai hedonik bakso daging kambing berbeda sangat nyata (P<0,05) diantara perlakuan. Kesimpulan: Imbangan pada penambahan jamur tiram 5% dan tepung tapioka 20% dapat meningkatkan daya putus bakso kambing (0,25 kg/cm2) dengan pH yang relatif sama (5,87) dan pada uji hedonik menunjukkan panelis suka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bakso, jamur tiram, sifat fisik, tapioka.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:57
Last Modified: 27 Oct 2023 05:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42925

Actions (login required)

View Item View Item