KONTRIBUSI EKOWISATA AIR TERJUN BENANG KELAMBU TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA AIK BERIK BATUKLIANG UTARA LOMBOK TENGAH

CHIKAL RAMBU, BASAE (2023) KONTRIBUSI EKOWISATA AIR TERJUN BENANG KELAMBU TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA AIK BERIK BATUKLIANG UTARA LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
chikal skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
1289-Article Text-6536-2-10-20230401 (1).pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Dari keterlibatan masyarakat, pemanfaatan ekowisata di kawasan wisata alam Air Terjun Benang Kelambu sangat dirasakan dampaknya khususnya dalam perkembangan ekonomi.. tujuan dari penelitian ini untuk engetahui pendapatan rata-rata masyarakat di sekitar kawasan Wisata Alam Air Terjun Benang Kelambu karena akan terlihat seberapa besar pendapatan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan penentuan respoden menggunakan metode pendekatan sensus dengan jumlah responden sebanyak 30 sampel. Selain itu, untuk melihat pengaruh dari pendapatan dengan lokasi penelitian menggunakan uji regregri linear sederhana. Dari hasil penelitian, pendapatan rata-rata masyarakat dari kegiatan [43] Ekowisata Air Terjun Benang Kelambu di Desa Aik Berik Batukliang Utara Lombok Tengah, dengan nilai rata-rata dari jenis pekerjaan yaitu Rp.7.288.889. hasil temuan uji determinasi tersebut di atas, diperoleh nilai R2 sebesar 0,203 atau 20,3%, artinya 20,3% variasi variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen, yaitu tukang parkir, pedagang, pemandu. Untuk skema Pengelolaan dana yang didapat dari kegiatan pariwisata di Air Terjun Benang Kelambu yaitu dana sebesar 75% dialokasikan untuk pengembangan operasional seperti biaya penataan kawasan, aksebilitas pariwisata, amenitas dan tenaga kerja, dana sebesar 20 % untuk dinas provinsi dan 5 % untuk KPH pelangan tastura.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ekowisata, air terjun, benang kelambu, pendapatan
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:58
Last Modified: 27 Oct 2023 05:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42927

Actions (login required)

View Item View Item