PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MOBILE POCKET BOOK GELOMBANG MEKANIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK

TASYA SEPTIANA, MELANIE (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MOBILE POCKET BOOK GELOMBANG MEKANIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Tasya Septiana Melanie.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_eksperimen__tasya[1].pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel _Tasya Septiana Melanie (2).pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mobile pocket book gelombang mekanik terhadap penguasaan konsep peserta didik (2) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mobile pocket book gelombang mekanik terhadap kreativitas peserta didik (3) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mobile pocket book gelombang mekanik terhadap penguasaan konsep dan kreativitas peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan menggunakan desain non- equivalent control group design with pre-test and post-test. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 4 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh XI IPA 1 sebagai kelas eksperimeen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mobile pocket book pada materi gelombang mekanik, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran direct intruction. Penguasaan konsep diukur menggunakan tes pilihan ganda dan kreativitas diukur menggunakan tes uraian pada materi gelombang mekanik. Hasil tes akhir penguasaan konsep diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 78,70 dan kelas kontrol 68,81. Sedangkan, hasil tes akhir kreativitas diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 80,79 dan kelas kontrol 76,02. Hipotesis pertama dan hipotesis kedua dianalisis menggunakan uji t polled varians dan hipotesis ketiga dianalisis menggunakan uji Manova dengan bantuan IBM SPSS 21. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mobile pocket book gelombang mekanik terhadap penguasaan konsep peserta didik (2) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mobile pocket book gelombang mekanik terhadap kreativitas peserta didik (3) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mobile pocket book gelombang mekanik terhadap penguasaan konsep dan kreativitas peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran berbasis masalah, mobile pocket book gelombang mekanik, penguasaan konsep, kreativitas
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:57
Last Modified: 27 Oct 2023 05:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42931

Actions (login required)

View Item View Item