PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BUAH DURIAN DI KOTA MATARAM

Putri Aulia, Utami (2023) PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BUAH DURIAN DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Putri Aulia Utami_Preferensi Konsumen Terhadap Buah Durian Di Kota Mataram_0923.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
J_Putri Aulia Utami_Preferensi Konsumen Terhadap Buah Durian Di Kota Mataram_0923.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Perkembangan produksi buah durian di pulau Lombok terdapat di beberapa daerah, terutama di Kota Mataram. Durian memiliki cita rasa yang khas dan menjadi alternatif konsumsi yang sangat terjangkau bagi konsumen. Adanya berbagai karakteristik konsumen seperti tingkat pendapatan dan pendidikan diyakini dapat mempengaruhi konsumsi atau pembelian buah durian lokal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tahapan proses keputusan pembelian konsumen buah durian di Kota Mataram dan mengetahui atribut buah durian yang menjadi preferensi konsumen di Kota Mataram. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Analisis data dilakukan menggunakan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum konsumen buah durian melewati kelima tahap proses keputusan pembelian yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan juga tahap pasca pembelian. Sebelum masuk ke tahap proses pembelian, atribut yang paling menjadi pertimbangan responden saat membeli buah durian yaitu rasa buah. Dari hasil penelitian didapati bahwa urutan tingkat atribut yang paling penting menurut konsumen buah durian di Kota Mataram adalah rasa, warna, ukuran, aroma dan harga. Kombinasi level buah durian yang paling disukai menurut konsumen adalah rasa buah yang manis legit, warna buah yang kuning keemasan, ukuran buah yang besar, aroma buah yang menyengat, dan harga buah kurang dari 50.000

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan produksi buah durian di pulau Lombok terdapat di beberapa daerah, terutama di Kota Mataram. Durian memiliki cita rasa yang khas dan menjadi alternatif konsumsi yang sangat terjangkau bagi konsumen. Adanya berbagai karakteristik konsumen seperti tingkat pendapatan dan pendidikan diyakini dapat mempengaruhi konsumsi atau pembelian buah durian lokal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tahapan proses keputusan pembelian konsumen buah durian di Kota Mataram dan mengetahui atribut buah durian yang menjadi preferensi konsumen di Kota Mataram. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Analisis data dilakukan menggunakan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum konsumen buah durian melewati kelima tahap proses keputusan pembelian yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan juga tahap pasca pembelian. Sebelum masuk ke tahap proses pembelian, atribut yang paling menjadi pertimbangan responden saat membeli buah durian yaitu rasa buah. Dari hasil penelitian didapati bahwa urutan tingkat atribut yang paling penting menurut konsumen buah durian di Kota Mataram adalah rasa, warna, ukuran, aroma dan harga. Kombinasi level buah durian yang paling disukai menurut konsumen adalah rasa buah yang manis legit, warna buah yang kuning keemasan, ukuran buah yang besar, aroma buah yang menyengat, dan harga buah kurang dari 50.000
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:07
Last Modified: 30 Oct 2023 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42932

Actions (login required)

View Item View Item