ANALISIS BIAYA PRODUKSI PENGOVENAN TEMBAKAU DENGAN MENGGUNAKAN BERBAGAI BAHAN BAKAR DI KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Bq. Dwi, Wulandari (2023) ANALISIS BIAYA PRODUKSI PENGOVENAN TEMBAKAU DENGAN MENGGUNAKAN BERBAGAI BAHAN BAKAR DI KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_BQ. DWI WULANDARI_Analisis Biaya Produksi Pengovenan Temba.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
J_Bq. Dwi Wulandari_Analisis Biaya Produksi Pengovenan Temba.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Pengovenan tembakau merupakan suatu cara pengeringan tembakau menggunakan oven dengan bantuan bahan bakar dan menggunakan beberapa alat. Dalam proses usaha pengovenan tembakau ini ada beberapa macam pilihan bahan bakar yang dapat digunakan oleh petani, dengan demikian perlu diteliti bahan bakar apa saja yang bisa digunakan dan penggunaannya efektif pada pengovenan tembakau. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen usahatani tembakau di Kecamatan Sikur dan Inventarisir jenis bahan bakar yang digunakan untuk pengovenan tembakau di Kecamatan Sikur serta membandingkan bahan bakar yang paling efisien digunakan untuk pengovenan tembakau di Kecamatan Sikur Lombok Timur. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini (1) Berdasarkan manajemen usahatani tembakau yang dimulai dari planning, organizing, actuating, dan controlling rata-rata semua responden melakukan manajemen usahatami tembakau yang di mulai dari proses pembibitan sampai pemasaran. (2) Jenis bahan bakar yang digunakan pada pengovenan tembakau di Kabupaten Lombok Timur adalah bahan bakar kayu, cangkang sawit, cangkang kemiri dan campuran. (3) Bahan bakar pengovenan tembakau yang paling efisien adalah campuran 1 (kayu dan cangkang sawit) dengan poin paling banyak yaitu sebesar 14 poin, yang di ukur dari segi harga bahan bakar, biaya tenaga kerja, kemudahan penggunaan dan nilai R/C Ratio sebesar 1,62.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengovenan Tembakau dan Jenis Bahan Bakar
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:07
Last Modified: 30 Oct 2023 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42936

Actions (login required)

View Item View Item