ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHATANI BAWANG MERAH PADA LAHAN IRIGASI AIR TANAH DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Emillia, Safitri (2023) ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHATANI BAWANG MERAH PADA LAHAN IRIGASI AIR TANAH DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Emillia Safitri_Analisis Kelayakan Finansial Usahatani Bawang Merah Pada Lahan Irigasi Air Tana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
J_Emillia Safitri_ Analisis Kelayakan Finansial Usahatani Bawang Merah Pada Lahan Irigasi Air Tan.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis tingkat keuntungan usahatani bawang merah pada irigasi air tanah di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur, (2) Menganalisis kelayakan usahatani bawang merah pada irigasi air tanah di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini yaitu usahani bawang merah pada lahan irigasi air tanah atau air pompa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini dilakukan di Desa Pringgabaya Utara, Desa Labuhan Lombok, dan Desa Gunung Malang secara purposive sampling karena ketiga desa tersebut memiliki sumur pompa terbanyak di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik quota sampling dan penentuan responden dilakukan dengan cara proporsional random sampling. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data analisis secara deskriptif, analisis kelayakan, analisis biaya dan pendapatan usahatani. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1.) Keuntungan yang diperoleh petani responden dari usahatani bawang merah pada irigasi air tanah di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur yaitu sebesar Rp. 84.815.286/ha. 2.) Berdasarkan penelitian analisis usahatani bawang merah pada irigasi air tanah di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur menunjukkan nilai R/C Ratio 2,90 hal ini berarti bahwa setiap Rp.1 biaya untuk usahatani bawang merah maka petani memperoleh penerimaan Rp 2,90 dengan kriteria R/C lebih dari 1 dikatakan layak. Dari analisis BEP usahatani bawang merah di Kecamatan Pringgabaya dinyatakan layak karna penerimaan dan produksi usahatani bawang merah lebih tinggi dari BEP Penerimaan dan produksi usahatani bawang merah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kelayakan Finansial, Usahatani Bawang Merah, Irigasi Air Tanah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:34
Last Modified: 01 Nov 2023 23:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42948

Actions (login required)

View Item View Item