PENGEMBANGAN INQUIRY LEARNING SPACES (ILS) SAINS (FISIKA) BERBASIS GO-LAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

FUAD, TAMAMI (2023) PENGEMBANGAN INQUIRY LEARNING SPACES (ILS) SAINS (FISIKA) BERBASIS GO-LAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Thesis Final Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
2174-Article Text-11108-1-10-20221110.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Inquiry Learning Spaces (ILS) Sains (Fisika) Berbasis Go-Lab untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini berfokus pada penilaian kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan produk yang dikembangkan. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan desain 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Analisis Kelayakan dilakukan dengan melakukan uji Validitas dan Reabilitas produk. Kemudian, untuk Kepraktisan ditinjau dari data keterlaksanaan pembelajaran serta respon dari Guru dan Peserta didik. Analisis Keefektifan produk ditinjau dari hasil uji coba produk secara luas dengan melakukan tes kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Selanjutnya, dari data tersebut dilakukan uji N-Gain untuk melihat keefektifannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. ILS Sains (Fisika) Berbasis Go-Lab layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran dan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif peserta didik; 2. ILS Sains (Fisika) Berbasis Go-Lab praktis untuk digunakan pada pembelajaran berdasarkan data angket keterlaksanaan pembelajaran dan respon guru dan peserta didik; 3. ILS Sains (Fisika) Berbasis Go-Lab efektif digunakan pada pembelajaran ditinjau dari skor N-Gain masing-masing variabel yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa ILS Sains (Fisika) Berbasis Go-Lab telah memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif untuk digunakan melatih kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Inquiry Learning Spaces; Go-Lab; Kemampuan Pemecahan Masalah; Berpikir Kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:35
Last Modified: 01 Nov 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42956

Actions (login required)

View Item View Item