PENGARUH JENIS DAN UMUR SAMPAH TERHADAP LAJU INFILTRASI LUBANG RESAPAN BIOPORI DI PERUMAHAN MEKAR PERAMPUAN ASRI KABUPATEN LOMBOK BARAT

IDA AYU WAYAN, RAJENI (2023) PENGARUH JENIS DAN UMUR SAMPAH TERHADAP LAJU INFILTRASI LUBANG RESAPAN BIOPORI DI PERUMAHAN MEKAR PERAMPUAN ASRI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_IDA AYU WAYAN RAJENI_F1A019067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH_ IDA AYU WAYAN RAJENI_F1A019067 (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Desa Perampuan merupakan desa yang terletak di Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Seiring dengan berkembangnya zaman, Desa Perampuan mengalami kemajuan yang cukup pesat serta pertumbuhan penduduk yang meningkat. Hal ini ditandai dengan banyaknya lahan yang digunakan sebagai sarana prasana pemukiman.. Perubahan fungsi lahan ini tentunya berdampak bagi lingkungan, salah satunya yaitu dapat menyebabkan terjadinya genangan air pada saat intensitas curah hujan yang tinggi disebabkan oleh berkurangnya ruang terbuka hijau sebagai daerah resapan air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar laju infiltrasi lubang resapan biopori dengan berbagai jenis bahan pengisi dan variasi umur dari bahan pengisinya. Dari hasil penelitian yang saya lakukan didapatkan hasil bahwa jenis sampah yang digunakan sebagai bahan pengisi lubang resapan biopori sangat berpengaruh terhadap laju infiltrasi lubang resapan biopori tersebut. Lubang Resapan biopori yang memiliki laju infiltrasi tertinggi di lokasi I, II, dan III adalah lubang resapan biopori dengan bahan pengisi dedaunan pada umur sampah hari ke-7 dengan nilai laju infiltrasi secara berturut-turut sebesar 128, cm/jam, 225 cm/jam, dan 186 cm/jam. Laju infiltrasi terendah yaitu terdapat pada lubang resapan biopori dengan bahan isi sampah rumah tangga di Lokasi I pada umur sampah hari ke-21 sebesar 30 cm/jam sedangkan di lokasi II dan III terdapapt pada umur sampah hari ke-20 secara berturut-turut sebesar 40,48 cm/jam dan 34,8 cm/jam. Nillai laju infiltrasi tertinggi pada lokasi I, II, dan III adalah lubang resapan biopori dengan isian dedaunan dengan nilai infiltrasi rata-rata sebesar 120,541 cm/jam, dan laju infiltrasi terendah pada lubang resapan sampah rumah tangga dengan nilai infiltrasi sebesar 46,154 cm/jam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): lubang resapan biopori, sampah, laju infiltrasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:39
Last Modified: 31 Oct 2023 07:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42964

Actions (login required)

View Item View Item