PENERAPAN MODAL SOSIAL PEMUDA PEDULI ANAK YATIM DAN DHUAFA (PEPADU) DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PROGRAM PEPADU DI DESA SURADADI, KECAMATAN TERARA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Lalu Kahpi Aulia, Ananda (2023) PENERAPAN MODAL SOSIAL PEMUDA PEDULI ANAK YATIM DAN DHUAFA (PEPADU) DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PROGRAM PEPADU DI DESA SURADADI, KECAMATAN TERARA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PENERAPAN MODAL SOSIAL PEMUDA PEDULI ANAK YATIM DAN DHUAFA (PEPADU) DALAM RANGKA PENGEMBA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL PENERAPAN MODAL SOSIAL PEPADU DALAM RANGKA PENEGMBANGAN PROGRAM PEPADU DI DESA SURADADI, .pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami tentang penerapan modal sosial oleh anggota organisasi Pemuda Peduli Anak Yatim dan Dhuafa (PEPADU) dalam rangka pengembangan Program dari organisasi PEPADU. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui persoalan-persoalan yang muncul dalam penerapan modal sosial dalam konteks penyaluran bantuan kepada masyarakat dan cara PEPADU mengatasi persoalan-persoalan tersebut seperti kesalahpahaman dalam penyaluran bantuan yang menyebabkan hilangnya rasa kepercayaan masyarakat terhadap PEPADU dan juga kekurangan donatur dan jaringan yang dimiliki oleh organisasi PEPADU sehingga kesulitan dalam mendapatkan donasi. Penelitian ini dilakukan di desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. Unit analisis dalam penelitian ini adalah organisasi PEPADU. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara yang terstruktur, dan dokumentasi. Analisis teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori modal sosial dari Putnam. Teori modal sosial Putnam menjelaskan bahwa modal sosial terdiri dari kepercayaan (trust), norma (norm), dan jaringan (network). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan anggota PEPADU menggunakan unsur-unsur modal sosial (kepercayaan, jaringan, norma) dalam mengembangkan program PEPADU. Tujuannya adalah untuk memajukan program PEPADU. Namun, terdapat kritik terhadap penyaluran bantuan yang dianggap tidak merata, mengakibatkan keraguan masyarakat terhadap PEPADU. Masalah lain termasuk kekurangan donatur dan jaringan, sulitnya mendapatkan donasi akibat dari peningkatan jumlah binaan organisasi PEPADU. Solusinya, anggota dari organisasi PEPADU perlu aktif mempromosikan organisasi PEPADU melalui media sosial, seperti Facebook, YouTube, WhatsApp, dan papan informasi, untuk menarik lebih banyak dukungan dari para donatur dan masyarakat Suradadi khususnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PEPADU, Modal Sosial, Penyaluran Bantuan, Suradadi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:37
Last Modified: 31 Oct 2023 07:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42970

Actions (login required)

View Item View Item