MOTIVASI BERPRESTASI, MINAT BERORGANISASI, DAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA BIDIKMISI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM

YUMNA JUITA, HARIS (2023) MOTIVASI BERPRESTASI, MINAT BERORGANISASI, DAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA BIDIKMISI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUMNA JUITA HARIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL YUMNA JUITA HARIS.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat motivasi berprestasi, minat berorganisasi, menganalisis perbedaan tingkat motivasi berprestasi, minat berorganisasi dan hubungan motivasi berprestasi dan minat berorganisasi dengan indeks prestasi mahasiswa. Subjek penelitian ini ialah mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi/ Kartu Indonesia Pintar Kuliah angkatan 2019, 2020 dan 2021 di Program Studi Pendidikan Biologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi berprestasi dan minat berorganisasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 155 mahasiswa. Sampel yang dipilih pada penelitian ini adalah seluruh bagian dari populasi yang berjumlah 85 responden yang bersedia mengisi kuesioner penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi berprestasi mahasiswa secara keseluruhan tergolong dalam kategori tinggi (100%). Minat berorganisasi mahasiswa tergolong dalam kategori tinggi (99,89%). Tidak terdapat perbedaan motivasi berprestasi antar ketiga angkatan. Terdapat perbedaan minat berorganisasi antara angkatan 2020 dengan 2021, tidak terdapat perbedaan minat berorganisasi antara angkatan 2019 dengan 2020 dan angkatan 2019 dengan 2021. Ada korelasi positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan minat berorganisasi dengan indeks prestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): motivasi berprestasi, minat berorganisasi, indeks prestasi.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:36
Last Modified: 31 Oct 2023 07:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42978

Actions (login required)

View Item View Item