KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENCEGAH PENGARUH NEGATIF PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK (STUDI FENOMENOLOGI PADA WALI MURID DI SDN 7 MATARAM)

Zyil, Hasina (2023) KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENCEGAH PENGARUH NEGATIF PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK (STUDI FENOMENOLOGI PADA WALI MURID DI SDN 7 MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ZYIL HASINA (L1B019126).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL-ZYIL HASINA (L1B019126).pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Era ini, kalangan anak-anak sudah tidak asing lagi dengan teknologi smartphone. Hanya saja, teknologi smartphone dapat berdampak negatif pada perkembangan anak dalam kehidupan sehari-hari dan juga di lingkungan sekolahnya. SDN 7 Mataram merupakan salah satu sekolah terdampak penggunaan smartphone pada anak. Oleh karena itu, komunikasi keluarga berperan penting dalam mengarahkan anak agar bersikap bijak menggunakan smartphone-nya. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi keluarga dalam mencegah pengaruh negatif penggunaan smartphone pada anak di SDN 7 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif pendekatan fenomenologi didukung dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Penelitian berlokasi di SDN 7 Mataram dan beberapa rumah informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Teori yang digunakan dalam penelitian yaitu teori dialektika 2 relasional. Penelitian ini menghasilkan bahwa kelima informan menyediakan smartphone bagi anak untuk menunjang proses pembelajaran dan memudahkan anak dalam berkomunikasi. Adapun aturan yang diberlakukan untuk mencegah pengaruh negatif penggunaan smartphone. Kelima informan menjalin proses komunikasi dan memiliki tingkat kedekatan yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa komunikasi keluarga dalam mencegah pengaruh negatif penggunaan smartphone pada anak adalah keterbukaan (openness), menciptakan rasa positif (positiveness), dukungan (supportiveness), kesetaraan (equality), dan empati (empathy). Peran orang tua sebagai pendidik yang paling efektif untuk diterapkan keluarga. Pola komunikasi demokratis yang paling berperan dalam komunikasi keluarga. Dalam penelitian, ditemukan kelima dialektika relasional yakni keterbukaan-ketertutupan, otonomikoneksi, stabilitas-prediksi, publik-privat, dan ideal-nyata. Namun, satu informan tidak mengalami dialektika keterbukaan-ketertutupan dan dialektika publik-privat dikarenakan informan tersebut menanamkan untuk selalu terbuka mengenai berbagai hal

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): smartphone, komunikasi keluarga, dialektika relasional.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:32
Last Modified: 31 Oct 2023 07:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42989

Actions (login required)

View Item View Item