ANALISIS LAJU INFILTRASI PADA LAHAN GARAPAN KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) MAKMUR DESA MEKAR SARI KECAMATAN SUELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

FIRDAUS, FAJAR (2023) ANALISIS LAJU INFILTRASI PADA LAHAN GARAPAN KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) MAKMUR DESA MEKAR SARI KECAMATAN SUELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIRDAUS FAJAR_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
FIRDAUS FAJAR_JURNAL.pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

Gapoktanhut puncak semaring merupakan kemitraan kehutanan yang ada pada desa mekar sari kecamatan suela, kemitraan kehutanan ini menerapkan sistem agroforestri dengan hasil hutan bukan kayu berupa tanaman empon-emponan dan buah-buahan. Kelompok tani hutan (KTH) makmur merupakan bagaian dari gapoktanhut puncak semaring, KTH mamkmur memiliki lahan seluas 36,54 Ha dengan 71 anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat laju infiltrasi dan dampak infiltrasi pada produktifitas. Metode penelitian yang digunakan analisis deksriptif dengan pendekatan kuantitaif dan penentuan lokasi penelitian menggunnakan purposive samping. Penentuan plot menggunakan teknik unit lahan dan penentuan responden menggunkan accidental samping, pembantasan jumlah responden menggunakan slovin. Pengukuran laju infiltrasi menggunakan SNI 7752 2012 dengan pengolahan data menggunakan infiltrasi model horton, analisis skala likert digunakan untuk mengetahui tingkat kesetujuan penggarap mengenai dampak infiltrasi. Laju infiltrasi pada lahan garapan KTH makmur didapati klasifikasi cepat hingga sangat cepat dengan rata rata laju infiltrasi 119 cm/jam dan tingkat laju infiltrasi dapat mempengaruhi produktivitas penggarap. Penelitian ini hanya menunjukkan pada jenis tanaman yang ada pada lahan garapan jika infiltrasi yang cepat memiliki dampak positif terhadap produktivitas dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kelompok Tani Hutan, laju infiltrasi, Persepsi, skala liker
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:32
Last Modified: 31 Oct 2023 07:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42991

Actions (login required)

View Item View Item