ANALISIS PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA USAHATANI TEMBAKAU RAKYAT DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Peggy Ghaisani, Nadia (2023) ANALISIS PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA USAHATANI TEMBAKAU RAKYAT DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_PEGGY_GHAISANI_NADIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL Peggy Ghaisani Nadia.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk :(1) Menganalisis besarnya biaya dan pendapatan usahatani tembakau rakyat di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. (2) Menganalisis besarnya penyerapan tenaga kerja pada usahatani tembakau rakyat di kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. (3) Menganalisis kendala-kendala yang di hadapi usahatani tembakau rakyat di kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur.Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Rata-rata biaya produksi pada usahatani tembakau di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur adalah sebesar Rp. 24.169.539/ha. Rata-rata pendapatan yang diperoleh petani tembakau rakyat sebesar Rp 46.860.632/ha. R/C ratio usahatani tembakau rakyat sebesar 2,94. (2) Rata-rata penyerapan tenaga kerja usahatani tembakau rakyat di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur sebesar 280,33 HKO/Ha. (3) Kendala utama yang di hadapi petani dalam usahatani tembakau rakyat diKecamatan Pringgbaya Kabupaten Lombok Timur yaitu keterbatasan pupuk, serangan hama penyakit, faktor cuaca, keterbatasan tenaga kerja dan keterbatasan modal. Saran : (1) Tembakau rakyat di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur perlu terus dikembangkan oleh petani lebih intensif karena selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi juga sangat berpotensi dalam menyerap tenaga kerja khususnya untuk masyarakat sekitar; (2) Disarankan kepada pemerintah ataupun pihak swasta untuk dapat menyediakan sarana produksi khususnya pupuk tepat waktu dan tepat jumlah sesuai kebutuhan para petani yang ada di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur; (3) Disarankan pemerintah melalui dinas/instansi terkait (PPL) dapat memberikan penyuluhan lebih intensif khususnya dalam budidaya tembakau rakyat sehingga dapat meningkatkan produksi yang diperoleh petani yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tembakau Rakyat, Pendapatan, Penyerapan Tenaga Kerja.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:35
Last Modified: 01 Nov 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42995

Actions (login required)

View Item View Item