PERAN NONVIOLENT PEACEFORCE DALAM PERLINDUNGAN WARGA SIPIL PADA KONFLIK SUDAN SELATAN

Jauharil, Ma’ruf (2023) PERAN NONVIOLENT PEACEFORCE DALAM PERLINDUNGAN WARGA SIPIL PADA KONFLIK SUDAN SELATAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-Jauharil Ma'ruf (L1A016040).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL-Jauharil Ma'ruf (L1A016040).pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Banyak konflik yang terjadi di berbagai belahan dunia mendorong berbagai aktor memberikan peran yang berbeda untuk melakukan operasi perdamaian dunia. Aktor-aktor yang berperan dalam menjaga perdamaian dunia bukan hanya negara saja, melainkan adanya International NonGovernmental Organization (INGO). Nonviolent Peaceforce (NP) menjadi salah satu aktor internasional yang berperan dalam menjaga perdamaian dunia. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk bagaimana peran yang dilakukan Nonviolent Peaceforce dalam perlindungan warga sipil pada konflik Saudara di Sudan Selatan Selatan. Kerangka konseptual yang digunakan dalam menjawab penelitian ini adalah konsep nirkekerasan dan konsep International Non-Governmental Organization. Penelitian ini termasuk dalam ruang lingkup penelitian deskriptif-kualitatif. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Nonviolent Peaceforce sangat memiliki peran dalam perlindungan warga sipil pada konflik Sudan Selatan. Peran tersebut ditunjukkan melalui pendekatan Perlindungan Warga Sipil Non-Bersenjata (Unarmed Civiliand Protection). Mereka melakukan pengawalan, pendampingan, dan memberikan perlindungan fisik, emosional, dan sosial kepada warga sipil yang berisiko tinggi. NP juga memediasi dialog antara pihak-pihak yang bertikai dan bekerja sama dengan komunitas lokal untuk membangun kapasitas perlindungan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): International Non-Governmental Organization (INGO), Nonviolent Peaceforce (NP), nirkekerasan, Perlindungan Warga Sipil NonBersenjata, konflik Sudan Selatan.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:35
Last Modified: 01 Nov 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42999

Actions (login required)

View Item View Item