PERAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA E-GOVERNMENT DALAM KONTEKS RELASI GOVERNMENT TO CITIZENS (STUDI KASUS PADA DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT)

SITI IMTI, HANAH (2023) PERAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA E-GOVERNMENT DALAM KONTEKS RELASI GOVERNMENT TO CITIZENS (STUDI KASUS PADA DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI IMTIHANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Imti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan E-Government merupakan salah satu bentuk perwujudan teknologi dan komunikasi yang semakin berkembang, hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat guna mewujudkan good governance. Salah satu upaya penerapan E-Government yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah dengan mengembangkan website Diskominfotik yaitu ntbprov.go.id. Namun, ditemukan bahwa pelayanan publik berbasis informasi dan teknologi di Provinsi NTB masih terbilang belum maksimal. Hal ini dikarenakan minimnya inovasi dan perbaikan tata kelola pemerintahan seperti pelayanan publik berbasis Information Technology (IT). Faktor lainnya adalah minat baca yang rendah, pengelolaan dan pemanfaatan arsip sebagai memori kolektif masih kurang yang mempengaruhi pengetahuan masyarakat mengenai kegunaan internet. Oleh karena itu, peneliti melalui penelitian ini berusaha mengungkap peran website sebagai media E-Government dalam konteks relasi Government to Citizens dengan website Diskominfotik sebagai objeknya. Adapun hasil penelitian adalah peran website Diskominfotik adalah sebagai kanal pengaduan serta sebagai wadah informasi bagi masyarakat dari Organinasasi Perangkat Daerah terkait dan informasi mengenai agenda kegiatan yang dilakukan oleh pejabat pemerintahan. Website dan media sosial Diskominfotik terintegrasi menjadi satu dan memberikan publik kebebasan dalam memberikan komentar sehingga memunculkan ruang publik. Namun, rata-rata pada berita yang diunggah pendapat dari jajaran pemerintah lebih dominan daripada masyarakat sehingga tidak adanya kesetaraan dalam proses komunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): E-Government, Website, Government to Citizens
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:35
Last Modified: 01 Nov 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43003

Actions (login required)

View Item View Item