PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR EXPLAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD

Hikma, wati (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR EXPLAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HIKMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
1268-Article Text-6249-1-10-20230508.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
24. LOA Hikmawati, 230410.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Student facilitator and explaining adalah model pembelajaran dimana siswa/peserta didik belajar mempersentasikan ide atau pendapat pada rekan peserta lainnya. Model pembelajaran ini efektif untuk melatih siswa berbicara untuk menyampaikan ide atau gagasan atau pendapatnya sendiri,Keterampilan berbicara adalah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekpresikan pikiran berupa ide, pendapat, keinginan, atau perasaan kepada mitra bicara. Berbicara adalah suatu keterampilan berbahasa yang berkembang pada kehidupan anak.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh model pembelaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model student Facilitator and Expalining terhadap keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif, metode eksperimen dengan desain Control Group Pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Sape, untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing terdiri dari 20 orang siswa. Teknik pengupulan data yang digunakan adalah hasil dari pretest dan posttest pada hasil belajarnya. Analis data mengunakan uji hipotesis independent sample T-test, dengan uji persyaratan yaitu uji normaliitas dan uji homogenitas Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh sebelum dan Sesudah menggunakan metode pembelajaran student facilitator explaining terhadap keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa indonesia kelas IV SD nilai rata-rat sebelu menggunakan metode pembelajaran student facilitator explainng 77,15 sedangkan setelah mengguanakan metode pembelajaran student facilitator explaning 85,35 . Hasil ini memperkuat bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran student facilitator explaing ini dapat mempengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 2 Sape.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode pembelajaran student facilitator explaining terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:35
Last Modified: 01 Nov 2023 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43004

Actions (login required)

View Item View Item