HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DAN LOW DENSITY LIPOPROTEIN CHOLESTEROL (LDL-C) DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN POLI JANTUNG DI RSUD PROVINSI NTB

Lendi Leskia, Putri (2023) HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DAN LOW DENSITY LIPOPROTEIN CHOLESTEROL (LDL-C) DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN POLI JANTUNG DI RSUD PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI KTI LENDI LESKIA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img]
Preview
Text
LENDI LESKIA PUTRI_KTI_H1A020060.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan tekanan darah diastolik ≥90mmHg atau tekanan darah sistolik ≥140mmHg. Menurut data World Health Organization (WHO) tahun 2019, secara global sebesar 22%. Berdasarkan hasil Riskesdas, prevalensi penderita hipertensi di Indonesia mengalami peningkatan yaitu dari 25,8% menjadi 34.1%. IMT sangat berpengaruh terhadap kejadian hipertensi, dimana IMT yang berlebihan atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan faktor risiko hipertensi lebih tinggi dibandingkan seseorang dengan IMT normal. Peningkatan kejadian hipertensi juga disebabkan oleh dislipidemia. Rasio LDL-C merupakan prediktor kuat pembentukan plak aterosklerosis yang dapat menyebabkan peningkatan resistensi pembuluh darah, dan peningkatan tekanan darah. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan indeks massa tubuh (IMT) dan low density lipoprotein cholesterol (LDL-C) dengan tekanan darah pada pasien Poli Jantung di RSUD Provinsi NTB. Desain dalam penelitian ini adalah analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di Poli Jantung RSUD Provinsi NTB, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling, dimana jumlah sampelnya sebanyak 28 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rekam medis dan lembar observasi. Analisis yang digunakan adalah Spearman. Analisis statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara nilai IMT dengan tekanan darah dengan p-value 0,765 (p>0,05; r = 0,059). Tidak ada hubungan antara LDL-C dengan tekanan darah (r = 0,044 ; p = 0,823). Peningkatan indeks massa tubuh dan low density lipoprotein cholesterol tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan tekanan darah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Low Density Lipoprotein Cholesterol, Indeks Massa Tubuh, Obesitas, Hipertensi, Tekanan Darah
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:36
Last Modified: 01 Nov 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43007

Actions (login required)

View Item View Item