PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION) TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMPN 2 NARMADA

Pratama, Ni Nengah Ayu Intan (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION) TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMPN 2 NARMADA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, And Satisfaction) terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian kelas eksprimen sebanyak 22 siswa dan kelas kontrol 22 siswa melalui teknik random sampling setelah penyepadanan kelas. Data motivasi berprestasi dijaring menggunakan angket 21 butir soal dan data hasil belajar PPKn diambil dengan menggunakan soal tes 25 butir soal yang sudah memenuhi persyaratan instrument penelitian. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif melalui uji parametrik yang terlebih dahulu diuji persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar PPKn. Implikasinya praktis adalah model ARIAS dapat digunakan dan secara teoritis memperkuat teori-teori belajar sebagai background teori pengembangan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 26 May 2018 01:27
Last Modified: 26 May 2018 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4301

Actions (login required)

View Item View Item