RICHARD YESAYA, SIMANJUNTAK (2023) ANALISIS ENKRIPSI DATA DENGAN METODE ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Richard Yesaya Simanjuntak E1R016079.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
Artikel Richard Yesaya SImanjuntak E1R016079.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 telah membuat masyarakat harus paham meggunakan teknologi yang ada, sektor pendidikan juga merasakan dampaknya contohnnya digunakan pembelajaran jarak jauh atau daring. Dalam hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya pencurian data pribadi yang merugikan bagi masyarakat seperti maraknya kasus pinjaman online namun menggunakan data orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk melindungi data, dalam penelitian ini menggunakan algoritma AES dengan bahasa pemograman Borland Delphi. Adapun metode yang digunakan adalah merancang sebuah aplikasi yang dapat mengenkripsi 30 file teks yang terbagi dalam kategori kecil, menegah, dan besar. Hasil yang didapatkan adalah rata-rata kenaikan 10 file berukuran kecil 96,4 %, rata-rata kenaikan ukuran 10 file berukuran menengah 60,7 %, dan rata-rata kenaikan ukuran 10 file berukuran besar 53,3 %. Kesimpulan yang didaptkan dalam penelitian ini adalah Borland Delphi dapat digunakan unutk melindungi data dan ukuran data sebelum dienkripsi mempengaruhi ukuran hasil enkripsinya serta semakin kecil ukuran data maka persentase kenaikan ukurannya semakin besar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kriptografi, AES, Delphi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 23:36 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 23:36 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43014 |
Actions (login required)
View Item |