KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHA PERTAMBANGAN EMAS TERHADAP PENDAPATAN PETANI PETAMBANG DI KECAMATAN LANTUNG KABUPATEN SUMBAWA

Rosa Rohdatul, Jannah (2023) KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHA PERTAMBANGAN EMAS TERHADAP PENDAPATAN PETANI PETAMBANG DI KECAMATAN LANTUNG KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Rosa Rohdatu Jannah_Revisi 2023 - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Rosa Rohdatul Jannah.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menganalisis stuktur biaya dan pendapatan usahatani petani petambang di Kecamatan Lantung Kabupaten Sumbawa; 2) Untuk menganalisis struktur biaya dan pendapatan usaha penambangan petani petambang di kecamatan Lantung Kabupaten Sumbawa; 3) Untuk menganalisis Kontribusi usaha pertambangan terhadap pendapatan rumah tangga petani petambang di Kecamatan Lantung Kabupaten Sumbawa. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Struktur biaya pada usahatani petani petambang di Kecamatan Lantung Kabupaten Sumbawa yaitu Biaya Variabel yang terdiri dari sarana produksi, tenaga kerja, dan biaya lain-lain. Kemudian Biaya Tetap yang terdiri dari biaya pajak lahan dan penyusutan alat dengan pendapatan usahatani sebebsar Rp. 9,336,715.71 per luas lahan Garapan atau Rp. 10.888,298 per hektar. 2) Struktur biaya pada usaha penambangan petani petambang di Kecamatan Lantung Kabupaten Sumbawa yaitu Biaya Variabel yang terdiri dari sarana produksi, tenaga kerja, dan biaya lain-lain. Kemudian Biaya Tetap yang terdiri dari biaya penyusutan alat dengan pendapatan sebebsar Rp. 2,504,516.67 per proses (satu minggu) atau sebesar Rp. 15, 842,933.33 per bulan ( 16 minggu ). 3) Besar kontribusi pendapatan petambang di Kecamatan Lantung Kabupaten Sumbawa diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) klasifikasi yaitu pendapatan pada kegiatan usaha tani diperoleh kontribusi sebesar 35 %, untuk pendapatan pada kegiatan pertambangan diperoleh kontribusi 52 % dan untuk pendapatan pada usaha lain diperoleh kontribusi sebesar 13 % yang diantaranya petani petambang juga bekerja sebagai pedagang makanan ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendapatan, Kntribusi, Pertambangan, Usahatani
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:36
Last Modified: 01 Nov 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43016

Actions (login required)

View Item View Item