PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI PECAHAN SENILAI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 47 CAKRANEGARA

NURUL HUDA TRI, AMANDA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI PECAHAN SENILAI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 47 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURUL HUDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
10126-Article Text-44165-1-10-20230929.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi pecahan senilai kelas IV Sekolah Dasar Negeri 47 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pra-Experimental Design tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 47 Cakranegara sebanyak 47 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen sebanyak 23 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes pemahaman konsep. Analisis data diawali dengan uji normalitas dan dilanjutkan dengan uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji-t menggunakan Paired Sample T-test. Hasil analisis data menunjukkan nilai yaitu dan nilai Sig. (2-tailed) . Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning, artinya model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:36
Last Modified: 01 Nov 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43019

Actions (login required)

View Item View Item