PRODUKSI DAN PEMASARAN PRODUK JAHE DI KELOMPOK TANI HUTAN RINDU ALAM KEMITRAAN KEHUTANAN KECAMATAN SUELA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Aryati Nurul, Arifah (2023) PRODUKSI DAN PEMASARAN PRODUK JAHE DI KELOMPOK TANI HUTAN RINDU ALAM KEMITRAAN KEHUTANAN KECAMATAN SUELA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_ Aryati Nurul Arifah_C1L019014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_ Aryati Nurul Arifah_C1L019014.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi jahe dan menganalisis rantai pemasaran yang paling efisien digunakan oleh petani jahe di Kelompok Tani Hutan Rindu Alam Kemitraan Kehutanan Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur. Metode penelitian menggunakan purposive sampling dalam penentuan lokasi, rumus slovin dalam penentuan responden petani jahe, snowball sampling dalam penentuan lembaga pemasaran serta analisis deskriptif dalam saluran pemasaran dan perhitungan efisiensi pemasaran. Akibat pandemi covid-19 harga jahe yang biasanya dijual dengan harga Rp 8000,00-Rp20.000,00/kg turun menjadi Rp2000,00-Rp5000,00/kg.. Produksi jahe yang dihasilkan oleh para petani rata-rata sekitar 1025,64 Kg/Org/LLG/tahun dengan harga penjualan Rp.4.000- Rp.4100/kg. Jahe yang dipanen tidak hanya dijual tetapi adapula yang dikonsumsi bahkan dijadikan bibit lagi. Dalam pemasaran jahe segar atau gelondongan terdapat tiga Saluran dengan 2 lembaga pemasaran yaitu pedagang pengecer dan pedagang pengepul. Marjin pemasaran terbesar terdapat pada saluran pemasaran I semakin besar nilai marjin pemasaran, maka semakin tidak efisien. Pemasaran yang dilakukan oleh petani KTH Rindu Alam dapat dikatakan efisien jika dilihat dari Share petaninya karena persentasenya di atas 60%, dan jika dilihat dari distribusi keuntungannya tidak efisien dikarenkaan kurang dari 0,5. Jika dilihat dari data yang didapatkan pedagang pengecer yang mendapatkan keuntungan lebih besar, tetapi jika dilihat dari segi efisien maka saluran pemasaran II dapat dikatakan lebih efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemitraan Kehutanan, Jahe, Produksi, Pemasaran
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:36
Last Modified: 01 Nov 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43023

Actions (login required)

View Item View Item