ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN INPUT USAHATANI JAGUNG HIBRIDA PADA LAHAN KERING DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Roh, aini (2023) ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN INPUT USAHATANI JAGUNG HIBRIDA PADA LAHAN KERING DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ROHAINI YUDISIUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal rohaini fix.pdf

Download (803kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Menganalisis efisiensi penggunaan input pada usahatani jagung pada lahan kering di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur; (2) Mengetahui pendapatan usahatani jagung pada lahan kering di Kecamatan Pringgabaya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis yaitu petani yang mengusahakan usahatani jagung pada lahan kering di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Penentuan daerah sampel dilakukan secara “purposive sampling” dengan penentuan jumlah reponden dilakukan dengan metode “quota sampling.” Pemilihan responden dilakukan secara Random Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Cara pengumpulan data dilakukan dengan wawancara disertai dengan daftar pertanyaan (kuisioner). Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) nilai pendapatan sebesar 1.030.508 / LLG atau sebesar 3.324.081/ha pada usahatani jagung. 2) Faktor-faktor yang pengaruhi usahatani jagung menggunakan analisis Regresi fungsi Cobb-Douglas adalah Luas Lahan, Benih, Pupuk Urea, Pupuk NPK, Obat-obatan, dan Tenaga Kerja. 3) Tingkat efisiensi penggunaan input pada usahatani jagung belum efisien. 4) Kendala yang dihadapi petani responden adalah keterbatasan modal, kurangnya penyuluh, hama dan penyakit dan cuaca yang tidak menentu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Usahatani, Jagung, Efisiensi, Kendala.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:36
Last Modified: 01 Nov 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43030

Actions (login required)

View Item View Item